Tutorial
dan Analisis Game Acak Angka
1. Tampilan Awal
Komponen
toolbox yang digunakan:
NO
|
KOMPONEN
|
PROPERTIES
|
KETERANGAN
|
1.
|
Form1
|
Name
Text
|
Form1
Game
Asiik
|
2.
|
Label1
|
Name
Text
|
Label1
SELAMAT
BERMAIN !!!
|
3.
|
Button1
|
Name
Text
|
Button1
1
|
4.
|
Button2
|
Name
Text
|
Button2
2
|
5.
|
Button3
|
Name
Text
|
Button3
3
|
6.
|
Button4
|
Name
Text
|
Button4
4
|
7.
|
Button5
|
Name
Text
|
Button5
5
|
8.
|
Button6
|
Name
Text
|
Button6
6
|
9.
|
Button7
|
Name
Text
|
Button7
7
|
10.
|
Button8
|
Name
Text
|
Button8
8
|
11.
|
Button9
|
Name
Text
|
Button9
|
12.
|
Button10
|
Name
Text
|
Button10
Acak
|
13.
|
Button11
|
Name
Text
|
Button11
Stop
|
14.
|
Button12
|
Name
Text
|
Button12
Exit
|
15.
|
Timer1
|
Name
|
Timer1
|
Public Class Form1
Dim smt As String
Dim acak As Integer
Private Sub Form1_Load(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
MyBase.Load
Button11.Enabled = False
End Sub
Keterangan:
Baris
1 mendeklarasikan bahwa smt adalah data dengan tipe string
Baris
2 mendeklarasikan bahwa acak adalah data dengan tipe integer
Ketika
pertama kali di play atau di jalankan maka Button11 akan mati atau tidak dapat
diklik
2. Tampilan
Menang
Private Sub Button1_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button1.Click
If
Button2.Text = "" Then
smt = Button1.Text
Button1.Text = Button2.Text
Button2.Text = smt
ElseIf
Button4.Text = "" Then
smt = Button1.Text
Button1.Text = Button4.Text
Button4.Text = smt
End If
If
Button1.Text = "1" And Button2.Text = "2"
And Button3.Text = "3"
And Button4.Text = "4"
And Button5.Text = "5"
And Button6.Text = "6"
And Button7.Text = "7"
And Button8.Text = "8"
And Button9.Text = ""
Then
MsgBox("You
Win !!!")
End If
End Sub
Keterangan:
Ketika
Button1 di klik:
Baris
1-4 : Jika Button2 kosong maka text pada Button1 dan Button2 akan bertukar
tempat
Baris
5-9 : Jika Button4 kososng maka text pada Button1 dan Button4 akan bertukr
tempat
Baris
10-14 : Jika text pada Button1 adalah 1, text pada Button2 adalah 2, text pada
Button3 adalah 3, text pada Button4 adalah 4, text pada Button5 adalah 5, text
pada Button6 adalah 6, text pada Button7 adalah 7, text pada Button8 adalah 8,
dan text pada Button9 adalah kosong atau tidak ada maka akan muncul MessageBox
yang betuliskan You Win !!!
Private Sub Button2_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button2.Click
If
Button1.Text = "" Then
smt = Button2.Text
Button2.Text = Button1.Text
Button1.Text = smt
ElseIf
Button3.Text = "" Then
smt = Button2.Text
Button2.Text = Button3.Text
Button3.Text = smt
ElseIf
Button5.Text = "" Then
smt = Button5.Text
Button5.Text = Button2.Text
Button2.Text = smt
End If
If
Button1.Text = "1" And Button2.Text = "2"
And Button3.Text = "3"
And Button4.Text = "4"
And Button5.Text = "5"
And Button6.Text = "6"
And Button7.Text = "7"
And Button8.Text = "8"
And Button9.Text = ""
Then
MsgBox("You
Win !!!")
End If
End Sub
Keterangan:
Ketika
Button2 di klik:
Baris
1-4 : Jika Button1 kosong maka text pada Button1 dan Button2 akan bertukar tempat
Baris
5-8 : Jika Button3 kososng maka text pada Button3 dan Button2 akan bertukr
tempat
Baris
9-13 : Jika Button5 kososng maka text pada Button5 dan Button2 akan bertukr
tempat
Baris
14-18 : Jika text pada Button1 adalah 1, text pada Button2 adalah 2, text pada
Button3 adalah 3, text pada Button4 adalah 4, text pada Button5 adalah 5, text
pada Button6 adalah 6, text pada Button7 adalah 7, text pada Button8 adalah 8,
dan text pada Button9 adalah kosong atau tidak ada maka akan muncul MessageBox
yang betuliskan You Win !!!
Private Sub Button3_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button3.Click
If
Button2.Text = "" Then
smt = Button3.Text
Button3.Text = Button2.Text
Button2.Text = smt
ElseIf
Button6.Text = "" Then
smt = Button3.Text
Button3.Text = Button6.Text
Button6.Text = smt
End If
If
Button1.Text = "1" And Button2.Text = "2"
And Button3.Text = "3"
And Button4.Text = "4"
And Button5.Text = "5"
And Button6.Text = "6"
And Button7.Text = "7"
And Button8.Text = "8"
And Button9.Text = ""
Then
MsgBox("You
Win !!!")
End If
End Sub
Keterangan:
Ketika
Button3 di klik:
Baris
1-4 : Jika Button2 kosong maka text pada Button3 dan Button2 akan bertukar
tempat
Baris
5-9 : Jika Button6 kososng maka text pada Button3 dan Button6 akan bertukr
tempat
Baris
10-14 : Jika text pada Button1 adalah 1, text pada Button2 adalah 2, text pada
Button3 adalah 3, text pada Button4 adalah 4, text pada Button5 adalah 5, text
pada Button6 adalah 6, text pada Button7 adalah 7, text pada Button8 adalah 8,
dan text pada Button9 adalah kosong atau tidak ada maka akan muncul MessageBox
yang betuliskan You Win !!!
Private Sub Button4_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button4.Click
If
Button1.Text = "" Then
smt = Button4.Text
Button4.Text = Button1.Text
Button1.Text = smt
ElseIf
Button5.Text = "" Then
smt = Button4.Text
Button4.Text = Button5.Text
Button5.Text = smt
ElseIf
Button7.Text = "" Then
smt = Button4.Text
Button4.Text = Button7.Text
Button7.Text = smt
End If
If
Button1.Text = "1" And Button2.Text = "2"
And Button3.Text = "3"
And Button4.Text = "4"
And Button5.Text = "5"
And Button6.Text = "6"
And Button7.Text = "7"
And Button8.Text = "8"
And Button9.Text = ""
Then
MsgBox("You
Win !!!")
End If
End Sub
Keterangan:
Ketika
Button4 di klik:
Baris
1-4 : Jika Button1 kosong maka text pada Button1 dan Button4 akan bertukar
tempat
Baris
5-8 : Jika Button5 kososng maka text pada Button5 dan Button4 akan bertukr
tempat
Baris
9-13 : Jika Button7 kososng maka text pada Button7 dan Button4 akan bertukr
tempat
Baris
14-18 : Jika text pada Button1 adalah 1, text pada Button2 adalah 2, text pada
Button3 adalah 3, text pada Button4 adalah 4, text pada Button5 adalah 5, text
pada Button6 adalah 6, text pada Button7 adalah 7, text pada Button8 adalah 8,
dan text pada Button9 adalah kosong atau tidak ada maka akan muncul MessageBox
yang betuliskan You Win !!!
Private Sub Button5_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button5.Click
If
Button2.Text = "" Then
smt = Button5.Text
Button5.Text = Button2.Text
Button2.Text = smt
ElseIf
Button4.Text = "" Then
smt = Button5.Text
Button5.Text = Button4.Text
Button4.Text = smt
ElseIf
Button6.Text = "" Then
smt = Button5.Text
Button5.Text = Button6.Text
Button6.Text = smt
ElseIf
Button8.Text = "" Then
smt = Button5.Text
Button5.Text = Button8.Text
Button8.Text = smt
End If
If
Button1.Text = "1" And Button2.Text = "2"
And Button3.Text = "3"
And Button4.Text = "4"
And Button5.Text = "5"
And Button6.Text = "6"
And Button7.Text = "7"
And Button8.Text = "8"
And Button9.Text = ""
Then
MsgBox("You
Win !!!")
End If
End Sub
Keterangan:
Ketika
Button5 di klik:
Baris
1-4 : Jika Button2 kosong maka text pada Button2 dan Button5 akan bertukar tempat
Baris
5-8 : Jika Button4 kososng maka text pada Button4 dan Button5 akan bertukr
tempat
Baris
9-12 : Jika Button6 kososng maka text pada Button6 dan Button5 akan bertukr
tempat
Baris
13-16 : Jika Button8 kososng maka text pada Button8 dan Button5 akan bertukr
tempat
Baris
16-20 : Jika text pada Button1 adalah 1, text pada Button2 adalah 2, text pada
Button3 adalah 3, text pada Button4 adalah 4, text pada Button5 adalah 5, text
pada Button6 adalah 6, text pada Button7 adalah 7, text pada Button8 adalah 8,
dan text pada Button9 adalah kosong atau tidak ada maka akan muncul MessageBox
yang betuliskan You Win !!!
Private Sub Button6_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button6.Click
If
Button3.Text = "" Then
smt = Button6.Text
Button6.Text = Button3.Text
Button3.Text = smt
ElseIf
Button5.Text = "" Then
smt = Button6.Text
Button6.Text = Button5.Text
Button5.Text = smt
ElseIf
Button9.Text = "" Then
smt = Button6.Text
Button6.Text = Button9.Text
Button9.Text = smt
End If
If
Button1.Text = "1" And Button2.Text = "2"
And Button3.Text = "3"
And Button4.Text = "4"
And Button5.Text = "5"
And Button6.Text = "6"
And Button7.Text = "7"
And Button8.Text = "8"
And Button9.Text = ""
Then
MsgBox("You
Win !!!")
End If
End Sub
Keterangan:
Ketika
Button6 di klik:
Baris
1-4 : Jika Button3 kosong maka text pada Button3 dan Button6 akan bertukar
tempat
Baris
5-8 : Jika Button5 kososng maka text pada Button5 dan Button6 akan bertukr
tempat
Baris
9-13 : Jika Button9 kososng maka text pada Button9 dan Button6 akan bertukr
tempat
Baris
14-18 : Jika text pada Button1 adalah 1, text pada Button2 adalah 2, text pada
Button3 adalah 3, text pada Button4 adalah 4, text pada Button5 adalah 5, text
pada Button6 adalah 6, text pada Button7 adalah 7, text pada Button8 adalah 8,
dan text pada Button9 adalah kosong atau tidak ada maka akan muncul MessageBox
yang betuliskan You Win !!!
Private Sub Button7_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button7.Click
If
Button4.Text = "" Then
smt = Button7.Text
Button7.Text = Button4.Text
Button4.Text = smt
ElseIf
Button8.Text = "" Then
smt = Button7.Text
Button7.Text = Button8.Text
Button8.Text = smt
End If
If
Button1.Text = "1" And Button2.Text = "2"
And Button3.Text = "3"
And Button4.Text = "4"
And Button5.Text = "5"
And Button6.Text = "6"
And Button7.Text = "7"
And Button8.Text = "8"
And Button9.Text = ""
Then
MsgBox("You
Win !!!")
End If
End Sub
Keterangan:
Ketika
Button7 di klik:
Baris
1-4 : Jika Button4 kosong maka text pada Button4 dan Button7 akan bertukar
tempat
Baris
5-9 : Jika Button8 kososng maka text pada Button8 dan Button7 akan bertukr
tempat
Baris
10-14 : Jika text pada Button1 adalah 1, text pada Button2 adalah 2, text pada
Button3 adalah 3, text pada Button4 adalah 4, text pada Button5 adalah 5, text
pada Button6 adalah 6, text pada Button7 adalah 7, text pada Button8 adalah 8,
dan text pada Button9 adalah kosong atau tidak ada maka akan muncul MessageBox
yang betuliskan You Win !!!
Private Sub Button8_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button8.Click
If
Button7.Text = "" Then
smt = Button8.Text
Button8.Text = Button7.Text
Button7.Text = smt
ElseIf
Button5.Text = "" Then
smt = Button8.Text
Button8.Text = Button5.Text
Button5.Text = smt
ElseIf
Button9.Text = "" Then
smt = Button8.Text
Button8.Text = Button9.Text
Button9.Text = smt
End If
If
Button1.Text = "1" And Button2.Text = "2"
And Button3.Text = "3"
And Button4.Text = "4"
And Button5.Text = "5"
And Button6.Text = "6"
And Button7.Text = "7"
And Button8.Text = "8"
And Button9.Text = ""
Then
MsgBox("You
Win !!!")
End If
End Sub
Keterangan:
Ketika
Button8 di klik:
Baris
1-4 : Jika Button7 kosong maka text pada Button7 dan Button8 akan bertukar
tempat
Baris
5-8 : Jika Button5 kososng maka text pada Button5 dan Button8 akan bertukr
tempat
Baris
9-13 : Jika Button9 kososng maka text pada Button9 dan Button8 akan bertukr
tempat
Baris
14-18 : Jika text pada Button1 adalah 1, text pada Button2 adalah 2, text pada
Button3 adalah 3, text pada Button4 adalah 4, text pada Button5 adalah 5, text
pada Button6 adalah 6, text pada Button7 adalah 7, text pada Button8 adalah 8,
dan text pada Button9 adalah kosong atau tidak ada maka akan muncul MessageBox
yang betuliskan You Win !!!
Private Sub Button9_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button9.Click
If
Button6.Text = "" Then
smt = Button9.Text
Button9.Text = Button6.Text
Button6.Text = smt
ElseIf
Button8.Text = "" Then
smt = Button9.Text
Button9.Text = Button8.Text
Button8.Text = smt
End If
If
Button1.Text = "1" And Button2.Text = "2"
And Button3.Text = "3"
And Button4.Text = "4"
And Button5.Text = "5"
And Button6.Text = "6"
And Button7.Text = "7"
And Button8.Text = "8"
And Button9.Text = ""
Then
MsgBox("You
Win !!!")
End If
End Sub
Keterangan:
Ketika
Button9 di klik:
Baris
1-4 : Jika Button6 kosong maka text pada Button6 dan Button9 akan bertukar
tempat
Baris
5-9 : Jika Button8 kososng maka text pada Button8 dan Button9 akan bertukr
tempat
Baris
10-14 : Jika text pada Button1 adalah 1, text pada Button2 adalah 2, text pada
Button3 adalah 3, text pada Button4 adalah 4, text pada Button5 adalah 5, text
pada Button6 adalah 6, text pada Button7 adalah 7, text pada Button8 adalah 8,
dan text pada Button9 adalah kosong atau tidak ada maka akan muncul MessageBox
yang betuliskan You Win !!!
3. Tampilan
Acak
Private Sub Button10_Click(ByVal sender As
System.Object, ByVal
e As System.EventArgs)
Handles Button10.Click
Button11.Enabled = True
Button12.Enabled = False
Timer1.Enabled = True
Button10.Enabled = False
acak =
Rnd() * 50
End Sub
Keterangan:
Ketika
Button10 diklik, maka:
Baris
1 : Button11 hidup atau bisa diklik
Baris
2 : Button12 mati atau tidak bisa diklik
Baris
3 : Timer1 aktif
Baris
4 : Button10 mati
Baris
5 : Agar angka dapat teracak
Private Sub Timer1_Tick(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Timer1.Tick
smt = Button9.Text
Button9.Text = Button4.Text
Button4.Text = smt
smt = Button9.Text
Button9.Text = Button3.Text
Button3.Text = smt
smt = Button2.Text
Button2.Text = Button7.Text
Button7.Text = smt
smt = Button2.Text
Button2.Text = Button6.Text
Button6.Text = smt
smt = Button3.Text
Button3.Text = Button8.Text
Button8.Text = smt
smt = Button3.Text
Button3.Text = Button1.Text
Button1.Text = smt
smt = Button5.Text
Button5.Text = Button8.Text
Button8.Text = smt
smt = Button5.Text
Button5.Text = Button7.Text
Button7.Text = smt
smt = Button6.Text
Button6.Text = Button1.Text
Button1.Text = smt
End Sub
Keterangan:
Listing
di atas dapat kita atur semau kita. Listing tersebut membuat agar angka-angka
yang ada dapat teracak
4. Tampilan
Stop
Private Sub Button11_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button11.Click
Button11.Enabled = False
Button12.Enabled = True
Button10.Enabled = True
Timer1.Enabled = False
End Sub
Keterangan:
Ketika
Button11 diklik, maka:
Baris
1 : Button11 mati atau tidak bisa diklik
Baris
2 : Button12 hidup atau bisa diklik
Baris
3 : Button10 hidup
Baris
4 : Timer1 mati
5. Tampilan
Exit
MsgBox("Apakah
Anda Yakin?")
Close()
End Sub
Keterangan:
Jika
Button12 diklik maka:
Baris
1 : Akan keluar MessageBox dengan tulisan Apakah Anda Yakin?
Baris
2 : Program atau Game Asiik akan mati atau selesai
Private Sub Button12_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button12.Click
MsgBox("Apakah
Anda Yakin?")
Close()
End Sub
Keterangan:
Jika
Button12 diklik maka:
Baris
1 : Akan keluar MessageBox dengan tulisan Apakah Anda Yakin?
Baris
2 : Program atau Game Asiik akan mati atau selesai
Flowchart Program game Acak Angka
JIKA ANDA BUTUH ANKA GHAIB HASIL RITUAL 2D.3D.4D. SGP & HK DI JAMIN 100% JEBOL JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB KI AGEN RUSMAN DI NMOR (_0_8_2_3_3_4_2_2_2_6_7_6_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB then’z room’x sobat
BalasHapusJIKA ANDA BUTUH ANKA GHAIB HASIL RITUAL 2D.3D.4D. SGP & HK DI JAMIN 100% JEBOL JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB KI AGEN RUSMAN DI NMOR (_0_8_2_3_3_4_2_2_2_6_7_6_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB then’z room’x sobat
JIKA ANDA BUTUH ANKA GHAIB HASIL RITUAL 2D.3D.4D. SGP & HK DI JAMIN 100% JEBOL JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB KI AGEN RUSMAN DI NMOR (_0_8_2_3_3_4_2_2_2_6_7_6_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB then’z room’x sobat
JIKA ANDA BUTUH ANKA GHAIB HASIL RITUAL 2D.3D.4D. SGP & HK DI JAMIN 100% JEBOL JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB KI AGEN RUSMAN DI NMOR (_0_8_2_3_3_4_2_2_2_6_7_6_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB then’z room’x sobat
JIKA ANDA BUTUH ANKA GHAIB HASIL RITUAL 2D.3D.4D. SGP & HK DI JAMIN 100% JEBOL JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB KI AGEN RUSMAN DI NMOR (_0_8_2_3_3_4_2_2_2_6_7_6_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB then’z room’x sobat
JIKA ANDA BUTUH ANKA GHAIB HASIL RITUAL 2D.3D.4D. SGP & HK DI JAMIN 100% JEBOL JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB KI AGEN RUSMAN DI NMOR (_0_8_2_3_3_4_2_2_2_6_7_6_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB then’z room’x sobat
JIKA ANDA BUTUH ANKA GHAIB HASIL RITUAL 2D.3D.4D. SGP & HK DI JAMIN 100% JEBOL JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB KI AGEN RUSMAN DI NMOR (_0_8_2_3_3_4_2_2_2_6_7_6_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB then’z room’x sobat
JIKA ANDA BUTUH ANKA GHAIB HASIL RITUAL 2D.3D.4D. SGP & HK DI JAMIN 100% JEBOL JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB KI AGEN RUSMAN DI NMOR (_0_8_2_3_3_4_2_2_2_6_7_6_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB then’z room’x sobat
JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT
BalasHapusJIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT
JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT
JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT
BalasHapusJIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT