Teknik Industri 2012

Teknik Industri 2012
:)

Kamis, 06 Desember 2012

Konsep, Tutorial dan Flowchart Program Game Acak Angka

       

Tutorial dan Analisis Game Acak Angka
1. Tampilan Awal

Komponen toolbox yang digunakan:
NO
KOMPONEN
PROPERTIES
KETERANGAN
1.
Form1
Name
Text
Form1
Game Asiik
2.
Label1
Name
Text
Label1
SELAMAT BERMAIN !!!
3.
Button1
Name
Text
Button1
1
4.
Button2
Name
Text
Button2
2
5.
Button3
Name
Text
Button3
3
6.
Button4
Name
Text
Button4
4
7.
Button5
Name
Text
Button5
5
8.
Button6
Name
Text
Button6
6
9.
Button7
Name
Text
Button7
7
10.
Button8
Name
Text
Button8
8
11.
Button9
Name
Text
Button9

12.
Button10
Name
Text
Button10
Acak
13.
Button11
Name
Text
Button11
Stop
14.
Button12
Name
Text
Button12
Exit
15.
Timer1
Name
Timer1

Public Class Form1
    Dim smt As String
    Dim acak As Integer

Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
        Button11.Enabled = False
    End Sub

Keterangan:
Baris 1 mendeklarasikan bahwa smt adalah data dengan tipe string
Baris 2 mendeklarasikan bahwa acak adalah data dengan tipe integer
Ketika pertama kali di play atau di jalankan maka Button11 akan mati atau tidak dapat diklik
       2.      Tampilan Menang
         


Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
        If Button2.Text = "" Then
            smt = Button1.Text
            Button1.Text = Button2.Text
            Button2.Text = smt
        ElseIf Button4.Text = "" Then
            smt = Button1.Text
            Button1.Text = Button4.Text
            Button4.Text = smt
        End If
        If Button1.Text = "1" And Button2.Text = "2" And Button3.Text = "3" And Button4.Text = "4" And Button5.Text = "5" And Button6.Text = "6" And Button7.Text = "7" And Button8.Text = "8" And Button9.Text = "" Then
            MsgBox("You Win !!!")
        End If
    End Sub
Keterangan:
Ketika Button1 di klik:
Baris 1-4 : Jika Button2 kosong maka text pada Button1 dan Button2 akan bertukar tempat
Baris 5-9 : Jika Button4 kososng maka text pada Button1 dan Button4 akan bertukr tempat
Baris 10-14 : Jika text pada Button1 adalah 1, text pada Button2 adalah 2, text pada Button3 adalah 3, text pada Button4 adalah 4, text pada Button5 adalah 5, text pada Button6 adalah 6, text pada Button7 adalah 7, text pada Button8 adalah 8, dan text pada Button9 adalah kosong atau tidak ada maka akan muncul MessageBox yang betuliskan You Win !!!
Private Sub Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button2.Click
        If Button1.Text = "" Then
            smt = Button2.Text
            Button2.Text = Button1.Text
            Button1.Text = smt
        ElseIf Button3.Text = "" Then
            smt = Button2.Text
            Button2.Text = Button3.Text
            Button3.Text = smt
        ElseIf Button5.Text = "" Then
            smt = Button5.Text
            Button5.Text = Button2.Text
            Button2.Text = smt
        End If
        If Button1.Text = "1" And Button2.Text = "2" And Button3.Text = "3" And Button4.Text = "4" And Button5.Text = "5" And Button6.Text = "6" And Button7.Text = "7" And Button8.Text = "8" And Button9.Text = "" Then
            MsgBox("You Win !!!")
        End If
    End Sub

Keterangan:
Ketika Button2 di klik:
Baris 1-4 : Jika Button1 kosong maka text pada Button1 dan Button2 akan bertukar tempat
Baris 5-8 : Jika Button3 kososng maka text pada Button3 dan Button2 akan bertukr tempat
Baris 9-13 : Jika Button5 kososng maka text pada Button5 dan Button2 akan bertukr tempat
Baris 14-18 : Jika text pada Button1 adalah 1, text pada Button2 adalah 2, text pada Button3 adalah 3, text pada Button4 adalah 4, text pada Button5 adalah 5, text pada Button6 adalah 6, text pada Button7 adalah 7, text pada Button8 adalah 8, dan text pada Button9 adalah kosong atau tidak ada maka akan muncul MessageBox yang betuliskan You Win !!!
Private Sub Button3_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button3.Click
        If Button2.Text = "" Then
            smt = Button3.Text
            Button3.Text = Button2.Text
            Button2.Text = smt
        ElseIf Button6.Text = "" Then
            smt = Button3.Text
            Button3.Text = Button6.Text
            Button6.Text = smt
        End If
        If Button1.Text = "1" And Button2.Text = "2" And Button3.Text = "3" And Button4.Text = "4" And Button5.Text = "5" And Button6.Text = "6" And Button7.Text = "7" And Button8.Text = "8" And Button9.Text = "" Then
            MsgBox("You Win !!!")
        End If
    End Sub

Keterangan:
Ketika Button3 di klik:
Baris 1-4 : Jika Button2 kosong maka text pada Button3 dan Button2 akan bertukar tempat
Baris 5-9 : Jika Button6 kososng maka text pada Button3 dan Button6 akan bertukr tempat
Baris 10-14 : Jika text pada Button1 adalah 1, text pada Button2 adalah 2, text pada Button3 adalah 3, text pada Button4 adalah 4, text pada Button5 adalah 5, text pada Button6 adalah 6, text pada Button7 adalah 7, text pada Button8 adalah 8, dan text pada Button9 adalah kosong atau tidak ada maka akan muncul MessageBox yang betuliskan You Win !!!
Private Sub Button4_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button4.Click
        If Button1.Text = "" Then
            smt = Button4.Text
            Button4.Text = Button1.Text
            Button1.Text = smt
        ElseIf Button5.Text = "" Then
            smt = Button4.Text
            Button4.Text = Button5.Text
            Button5.Text = smt
        ElseIf Button7.Text = "" Then
            smt = Button4.Text
            Button4.Text = Button7.Text
            Button7.Text = smt
        End If
        If Button1.Text = "1" And Button2.Text = "2" And Button3.Text = "3" And Button4.Text = "4" And Button5.Text = "5" And Button6.Text = "6" And Button7.Text = "7" And Button8.Text = "8" And Button9.Text = "" Then
            MsgBox("You Win !!!")
        End If
    End Sub

Keterangan:
Ketika Button4 di klik:
Baris 1-4 : Jika Button1 kosong maka text pada Button1 dan Button4 akan bertukar tempat
Baris 5-8 : Jika Button5 kososng maka text pada Button5 dan Button4 akan bertukr tempat
Baris 9-13 : Jika Button7 kososng maka text pada Button7 dan Button4 akan bertukr tempat
Baris 14-18 : Jika text pada Button1 adalah 1, text pada Button2 adalah 2, text pada Button3 adalah 3, text pada Button4 adalah 4, text pada Button5 adalah 5, text pada Button6 adalah 6, text pada Button7 adalah 7, text pada Button8 adalah 8, dan text pada Button9 adalah kosong atau tidak ada maka akan muncul MessageBox yang betuliskan You Win !!!
Private Sub Button5_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button5.Click
        If Button2.Text = "" Then
            smt = Button5.Text
            Button5.Text = Button2.Text
            Button2.Text = smt
        ElseIf Button4.Text = "" Then
            smt = Button5.Text
            Button5.Text = Button4.Text
            Button4.Text = smt
        ElseIf Button6.Text = "" Then
            smt = Button5.Text
            Button5.Text = Button6.Text
            Button6.Text = smt
        ElseIf Button8.Text = "" Then
            smt = Button5.Text
            Button5.Text = Button8.Text
            Button8.Text = smt
        End If
        If Button1.Text = "1" And Button2.Text = "2" And Button3.Text = "3" And Button4.Text = "4" And Button5.Text = "5" And Button6.Text = "6" And Button7.Text = "7" And Button8.Text = "8" And Button9.Text = "" Then
            MsgBox("You Win !!!")
        End If
    End Sub

Keterangan:
Ketika Button5 di klik:
Baris 1-4 : Jika Button2 kosong maka text pada Button2 dan Button5 akan bertukar tempat
Baris 5-8 : Jika Button4 kososng maka text pada Button4 dan Button5 akan bertukr tempat
Baris 9-12 : Jika Button6 kososng maka text pada Button6 dan Button5 akan bertukr tempat
Baris 13-16 : Jika Button8 kososng maka text pada Button8 dan Button5 akan bertukr tempat
Baris 16-20 : Jika text pada Button1 adalah 1, text pada Button2 adalah 2, text pada Button3 adalah 3, text pada Button4 adalah 4, text pada Button5 adalah 5, text pada Button6 adalah 6, text pada Button7 adalah 7, text pada Button8 adalah 8, dan text pada Button9 adalah kosong atau tidak ada maka akan muncul MessageBox yang betuliskan You Win !!!
Private Sub Button6_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button6.Click
        If Button3.Text = "" Then
            smt = Button6.Text
            Button6.Text = Button3.Text
            Button3.Text = smt
        ElseIf Button5.Text = "" Then
            smt = Button6.Text
            Button6.Text = Button5.Text
            Button5.Text = smt
        ElseIf Button9.Text = "" Then
            smt = Button6.Text
            Button6.Text = Button9.Text
            Button9.Text = smt
        End If
        If Button1.Text = "1" And Button2.Text = "2" And Button3.Text = "3" And Button4.Text = "4" And Button5.Text = "5" And Button6.Text = "6" And Button7.Text = "7" And Button8.Text = "8" And Button9.Text = "" Then
            MsgBox("You Win !!!")
        End If
    End Sub
Keterangan:
Ketika Button6 di klik:
Baris 1-4 : Jika Button3 kosong maka text pada Button3 dan Button6 akan bertukar tempat
Baris 5-8 : Jika Button5 kososng maka text pada Button5 dan Button6 akan bertukr tempat
Baris 9-13 : Jika Button9 kososng maka text pada Button9 dan Button6 akan bertukr tempat
Baris 14-18 : Jika text pada Button1 adalah 1, text pada Button2 adalah 2, text pada Button3 adalah 3, text pada Button4 adalah 4, text pada Button5 adalah 5, text pada Button6 adalah 6, text pada Button7 adalah 7, text pada Button8 adalah 8, dan text pada Button9 adalah kosong atau tidak ada maka akan muncul MessageBox yang betuliskan You Win !!!
Private Sub Button7_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button7.Click
        If Button4.Text = "" Then
            smt = Button7.Text
            Button7.Text = Button4.Text
            Button4.Text = smt
        ElseIf Button8.Text = "" Then
            smt = Button7.Text
            Button7.Text = Button8.Text
            Button8.Text = smt
        End If
        If Button1.Text = "1" And Button2.Text = "2" And Button3.Text = "3" And Button4.Text = "4" And Button5.Text = "5" And Button6.Text = "6" And Button7.Text = "7" And Button8.Text = "8" And Button9.Text = "" Then
            MsgBox("You Win !!!")
        End If
    End Sub
Keterangan:
Ketika Button7 di klik:
Baris 1-4 : Jika Button4 kosong maka text pada Button4 dan Button7 akan bertukar tempat
Baris 5-9 : Jika Button8 kososng maka text pada Button8 dan Button7 akan bertukr tempat
Baris 10-14 : Jika text pada Button1 adalah 1, text pada Button2 adalah 2, text pada Button3 adalah 3, text pada Button4 adalah 4, text pada Button5 adalah 5, text pada Button6 adalah 6, text pada Button7 adalah 7, text pada Button8 adalah 8, dan text pada Button9 adalah kosong atau tidak ada maka akan muncul MessageBox yang betuliskan You Win !!!
Private Sub Button8_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button8.Click
        If Button7.Text = "" Then
            smt = Button8.Text
            Button8.Text = Button7.Text
            Button7.Text = smt
        ElseIf Button5.Text = "" Then
            smt = Button8.Text
            Button8.Text = Button5.Text
            Button5.Text = smt
        ElseIf Button9.Text = "" Then
            smt = Button8.Text
            Button8.Text = Button9.Text
            Button9.Text = smt
        End If
        If Button1.Text = "1" And Button2.Text = "2" And Button3.Text = "3" And Button4.Text = "4" And Button5.Text = "5" And Button6.Text = "6" And Button7.Text = "7" And Button8.Text = "8" And Button9.Text = "" Then
            MsgBox("You Win !!!")
        End If
    End Sub
Keterangan:
Ketika Button8 di klik:
Baris 1-4 : Jika Button7 kosong maka text pada Button7 dan Button8 akan bertukar tempat
Baris 5-8 : Jika Button5 kososng maka text pada Button5 dan Button8 akan bertukr tempat
Baris 9-13 : Jika Button9 kososng maka text pada Button9 dan Button8 akan bertukr tempat
Baris 14-18 : Jika text pada Button1 adalah 1, text pada Button2 adalah 2, text pada Button3 adalah 3, text pada Button4 adalah 4, text pada Button5 adalah 5, text pada Button6 adalah 6, text pada Button7 adalah 7, text pada Button8 adalah 8, dan text pada Button9 adalah kosong atau tidak ada maka akan muncul MessageBox yang betuliskan You Win !!!
Private Sub Button9_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button9.Click
        If Button6.Text = "" Then
            smt = Button9.Text
            Button9.Text = Button6.Text
            Button6.Text = smt
        ElseIf Button8.Text = "" Then
            smt = Button9.Text
            Button9.Text = Button8.Text
            Button8.Text = smt
        End If
        If Button1.Text = "1" And Button2.Text = "2" And Button3.Text = "3" And Button4.Text = "4" And Button5.Text = "5" And Button6.Text = "6" And Button7.Text = "7" And Button8.Text = "8" And Button9.Text = "" Then
            MsgBox("You Win !!!")
        End If
    End Sub
Keterangan:
Ketika Button9 di klik:
Baris 1-4 : Jika Button6 kosong maka text pada Button6 dan Button9 akan bertukar tempat
Baris 5-9 : Jika Button8 kososng maka text pada Button8 dan Button9 akan bertukr tempat
Baris 10-14 : Jika text pada Button1 adalah 1, text pada Button2 adalah 2, text pada Button3 adalah 3, text pada Button4 adalah 4, text pada Button5 adalah 5, text pada Button6 adalah 6, text pada Button7 adalah 7, text pada Button8 adalah 8, dan text pada Button9 adalah kosong atau tidak ada maka akan muncul MessageBox yang betuliskan You Win !!!


       3.      Tampilan Acak

Private Sub Button10_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button10.Click
        Button11.Enabled = True
        Button12.Enabled = False
        Timer1.Enabled = True
        Button10.Enabled = False
        acak = Rnd() * 50
    End Sub
Keterangan:
Ketika Button10 diklik, maka:
Baris 1 : Button11 hidup atau bisa diklik
Baris 2 : Button12 mati atau tidak bisa diklik
Baris 3 : Timer1 aktif
Baris 4 : Button10 mati
Baris 5 : Agar angka dapat teracak
Private Sub Timer1_Tick(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Timer1.Tick
        smt = Button9.Text
        Button9.Text = Button4.Text
        Button4.Text = smt

        smt = Button9.Text
        Button9.Text = Button3.Text
        Button3.Text = smt

        smt = Button2.Text
        Button2.Text = Button7.Text
        Button7.Text = smt

        smt = Button2.Text
        Button2.Text = Button6.Text
        Button6.Text = smt

        smt = Button3.Text
        Button3.Text = Button8.Text
        Button8.Text = smt

        smt = Button3.Text
        Button3.Text = Button1.Text
        Button1.Text = smt

        smt = Button5.Text
        Button5.Text = Button8.Text
        Button8.Text = smt

        smt = Button5.Text
        Button5.Text = Button7.Text
        Button7.Text = smt

        smt = Button6.Text
        Button6.Text = Button1.Text
        Button1.Text = smt
    End Sub
Keterangan:
Listing di atas dapat kita atur semau kita. Listing tersebut membuat agar angka-angka yang ada dapat teracak
       4.      Tampilan Stop

Private Sub Button11_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button11.Click
        Button11.Enabled = False
        Button12.Enabled = True
        Button10.Enabled = True
        Timer1.Enabled = False
    End Sub
Keterangan:
Ketika Button11 diklik, maka:
Baris 1 : Button11 mati atau tidak bisa diklik
Baris 2 : Button12 hidup atau bisa diklik
Baris 3 : Button10 hidup
Baris 4 : Timer1 mati   
             5.      Tampilan Exit
        MsgBox("Apakah Anda Yakin?")
        Close()
    End Sub
Keterangan:
Jika Button12 diklik maka:
Baris 1 : Akan keluar MessageBox dengan tulisan Apakah Anda Yakin?
Baris 2 : Program atau Game Asiik akan mati atau selesai


Private Sub Button12_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button12.Click
        MsgBox("Apakah Anda Yakin?")
        Close()
    End Sub
Keterangan:
Jika Button12 diklik maka:
Baris 1 : Akan keluar MessageBox dengan tulisan Apakah Anda Yakin?
Baris 2 : Program atau Game Asiik akan mati atau selesai




            Flowchart Program game Acak Angka
 

3 komentar:

  1. JIKA ANDA BUTUH ANKA GHAIB HASIL RITUAL 2D.3D.4D. SGP & HK DI JAMIN 100% JEBOL JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB KI AGEN RUSMAN DI NMOR (_0_8_2_3_3_4_2_2_2_6_7_6_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB then’z room’x sobat

    JIKA ANDA BUTUH ANKA GHAIB HASIL RITUAL 2D.3D.4D. SGP & HK DI JAMIN 100% JEBOL JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB KI AGEN RUSMAN DI NMOR (_0_8_2_3_3_4_2_2_2_6_7_6_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB then’z room’x sobat

    JIKA ANDA BUTUH ANKA GHAIB HASIL RITUAL 2D.3D.4D. SGP & HK DI JAMIN 100% JEBOL JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB KI AGEN RUSMAN DI NMOR (_0_8_2_3_3_4_2_2_2_6_7_6_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB then’z room’x sobat

    JIKA ANDA BUTUH ANKA GHAIB HASIL RITUAL 2D.3D.4D. SGP & HK DI JAMIN 100% JEBOL JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB KI AGEN RUSMAN DI NMOR (_0_8_2_3_3_4_2_2_2_6_7_6_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB then’z room’x sobat


    JIKA ANDA BUTUH ANKA GHAIB HASIL RITUAL 2D.3D.4D. SGP & HK DI JAMIN 100% JEBOL JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB KI AGEN RUSMAN DI NMOR (_0_8_2_3_3_4_2_2_2_6_7_6_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB then’z room’x sobat

    JIKA ANDA BUTUH ANKA GHAIB HASIL RITUAL 2D.3D.4D. SGP & HK DI JAMIN 100% JEBOL JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB KI AGEN RUSMAN DI NMOR (_0_8_2_3_3_4_2_2_2_6_7_6_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB then’z room’x sobat

    JIKA ANDA BUTUH ANKA GHAIB HASIL RITUAL 2D.3D.4D. SGP & HK DI JAMIN 100% JEBOL JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB KI AGEN RUSMAN DI NMOR (_0_8_2_3_3_4_2_2_2_6_7_6_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB then’z room’x sobat

    JIKA ANDA BUTUH ANKA GHAIB HASIL RITUAL 2D.3D.4D. SGP & HK DI JAMIN 100% JEBOL JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB KI AGEN RUSMAN DI NMOR (_0_8_2_3_3_4_2_2_2_6_7_6_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB then’z room’x sobat

    BalasHapus
  2. JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT

    JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT

    JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT

    BalasHapus
  3. JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT

    JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT

    BalasHapus